Berikut ini bocoran seting balap liar buat pemilik suzuki satria
fu150 dari hku
racing motorsport. Banyak yang bilang di dunia persilatan
balap liar yang keras, kapasitas mesin mesti jadi semrawut alias gila-gilaan.
Layaknya persaingan lainnya, balap liar terkesan cuma mengenal satu pakem
“sing penting menang!”
Nah, buat yang mau mencoba sensasi balap liar tapi apa daya motor
juga dibuat harian ato kepasar, hehehe… jangan kuatir, silahkan simak tips
modifikasi mesin ini…
Mesin Suzuki Satria yang berkapasitas 150cc hasil dari perkawinan
piston diameter 62mm dan stroke 48,8mm dengan perbandingan kompresi 10,4 ini
harus kita rombak spesifikasi-nya jika anda memang berniat menjadi raja
jalanan. Yang pertama mesti dilakukan adalah… Siapin duit dulu! Kan
kalo gk ada duit mana bisa modif…
Ok lah, saya anggap duit sudah ditangan. Selanjutnya kita akan
merubah spek mesin menjadi stroke 61,8mm hasil dari stroke standar yang
dinaikkan langkahnya 6,5mm dan piston 65mm merek hispeed yang sudah ada coakan
klep buat 4klep.
Kalo dihitung kapasitas
mesin nya menjadi :
V = 0,785 x 65 x 65 x
61,8 = 204,9cc
Nah, kapasitas segini sudah bisa buat turun drag resmi di kelas
bebek 4tak sampai dengan 200cc Mantaff…!!!
Oya, jangan lupa stroke yang naik 6,5mm ini membutuhkan paking blok
bawah aluminium setebal 4,5mm. Kemudian piston di buat dome dengan
ketinggian 1mm saja lalu pangkas head sebanyak 0,5mm.
Ngomongin head pasti ngomongin klep juga… Langsung aja hajar
klep standar (23-19) dengan klep ukuran 25 intake dan 21 exhaust. Kalo ada
kesulitan di bagian ini bisa langsung kontak saya untuk bantuan dan pemesanan.
Kemudian jangan lupa juga noken as di modif sehingga memiliki lift
7,8mm dengan durasi 280 intake dan 276 exhaust. Langkah
berikutnya, masih seputaran head, jangan lupa porting in dan ex menjadi
lingkaran, kan standar nya oval… Porting dengan diameter saluran intake 28mm
dan exhaust 27mm.
Untuk pegas klep pakai standar saja karena masih cukup kuat koq.
Masalah penyaluran tenaga alias kopling dan per kopling, bisa diganti
dengan produk racing.. Pasti oke..
Pastikan juga magnet terkena bubut
melingkar 1,5mm biar enteng dan menunjang akselerasi nantinya. Berikut
masalah karburator. Disini cukup pake karbu NSR SP berdiameter 28mm,
jangan besar2 karbu nya, ntar susah cari lawan… Hheheheeeehhee…
Setting pilot jet 42 dan mainjet 125. Putaran angin
1,5putaran. Lalu untuk urusan pengapian, serahkan saja pada cdi rextor –
boleh yang adjustable atau yang programable – setting dari 15 derajad sampe 38
derajad di rpm 9000. Limiter dipatok di rpm 14000 saja sedangkan untuk
gigi rasio alias transmisi pake standar saja gak masalah.
Terakhir… dan ini yang paling penting di modif balap liar ini… Kalo sudah selesai
menjalankan langkah-langkah modifikasi suzuki satria fu150 diatas, maka
sekarang adalah waktunya cari duit dan Tetaplah sehat biar bisa kebut-kebutan
tiap hari…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar